Foto : Peserta yang memilih mininggalkan panggung
( Dokumentasi : Vidio viral face book)

Cakrawalaindonesia.com, Tebingtinggi – viral di media sosial, vidio salah seorang peserta  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut) yang di gelar di Tebingtinggi yang di dalam vidio viral tersebut berisikan salah seorang peserta wanita nomor 2830 diminta untuk membuka cadar ketika akan membacakan Al quran. Namun peserta wanita tersebut bersikukuh tidak ingin membuka cadarnya, juri pun menegaskan akan mendiskulifikasi peserta tersebut dengan menjelaskan peraturan nasional yang sudah di terapkan sejak STQ tahun lalu di Pontianak, tapi peserta wanita itu tetap bersikukuh dan meninggalkan panggung .


Berkenaan dengan vidio tersebut Ketua Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Yusuf Rekso bersama Ketua Pelaksana MTQ ke-37 Sumut Palid Muda Harahap di lansir dari utamanews.com menegaskan tidak ada pelarangan dalam menggunakan cadar bagi peserta yang berpartisipasi dalam MTQ ke-37 Sumut .

“Berkenaan dengan viralnya berita tentang penggunaan cadar di MTQ ke-37 di Tebing Tinggi, di sini kami tekankan bahwa pengenaan cadar dalam kegiatan musabaqah bukan sesuatu yang diharamkan. Itu dibenarkan,” ujar Yusuf, dalam konferensi pers, Selasa (8/9) sore di Lobi Hotel Jalan Jenderal Sudirman Kota Tebing Tinggi .


Hanya saja, lanjut Yusuf, ada beberapa pihak yang menyalahgunakan cadar untuk mengelabui peserta dengan menggunakan joki. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para peserta diminta agar diperiksa sebelum tampil .


“Maka pelarangan cadar tidak ada, boleh saja. Tetapi diperiksa dulu, tentunya oleh dewan hakim wanita untuk disesuaikan dengan foto dalam berkas,” terangnya .

Kantor berita : Cakrawalaindonesia.com

Bagikan