Beranda INTERNASIONAL Junta Militer Myanmar Bungkam Media Independen

Junta Militer Myanmar Bungkam Media Independen

105
0
Foto : Militer Myanmar berdiri diatas ranpur (kendaraan tempur) di hadapan para pengunjuk rasa

Cakrawala-Indonesia.com

Lima media masa Independen di Myanmar di cabut izin siarnya oleh Junta militer Myanmar, pencabutan izin kelima media masa tersebut di karnakan rajin memberitakan gelombang unjuk rasa menentang kudeta .

Seperti dilansir dari Reuters, selasa (9/3) kelima media masa yang di cabut izinnya adalah Myanmar Now, 7-Day, DVB, Mizzima dan Khit Thit Media .

Menurut siaran stasiun televisi pemerintah Myanmar, MRTV, kelima media massa itu gencar memberitakan aksi unjuk rasa menentang kudeta yang sudah berjalan lebih dari satu bulan.

Secara terpisah, Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, menyatakan mereka berhasil menyita sejumlah dokumen rahasia tentang informasi perekonomian negara dari seorang warga Australia, Sean Turnell, yang ditahan pada 6 Februari lalu.

Demonstran Myanmar Tewas Ditembak
Sean adalah penasihat ekonomi untuk mantan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Myanmar, Aung San Suu Kyi. Suu Kyi digulingkan dari kekuasaan dan ditangkap dalam kudeta pada 1 Februari lalu.

“Upaya penasihat ekonomi pemerintah dari luar negeri, Sean Turnell, untuk meninggalkan negara ini berhasil dihentikan tepat waktu dan rahasia negara tentang keuangan ditemukan di antara barang bawaannya. Para menteri saat ini sedang mempersiapkan langkah hukum berkaitan dengan peristiwa itu,” demikian laporan MRTV yang mengutip pernyataan Min.

Dalam unjuk rasa pada Senin (9/3), dua demonstran di kota Myitkyina tewas akibat luka tembak di kepala.

Aksi unjuk rasa menentang kudeta itu sudah menelan lebih dari 30 korban jiwa.

Sampai saat ini belum nampak gelombang protes bakal surut.

Sejumlah negara hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Myanmar terhadap demonstran hingga jatuh korban jiwa.

Sejumlah negara bahkan sudah menjatuhkan sanksi kepada rezim militer Myanmar untuk memberikan tekanan. Upaya diplomasi dari anggota Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sampai saat ini juga belum membuahkan hasil.

Meski dikepung sanksi, rezim militer Myanmar terlihat belum mau tunduk terhadap tekanan dunia.

Redaksi 

 

Office Cakrawala-Indonesia.com : Jalan Pahlawan no : 17 Tebingtinggi, Sumatra Utara, Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here