Beranda DAERAH Soal Lahan Di Batubara, M. Abdi SH Pengacara Ponirin” Rekomendasi DPRD Prov...

Soal Lahan Di Batubara, M. Abdi SH Pengacara Ponirin” Rekomendasi DPRD Prov Sumut Jelas “

597
0
Foto : M. Abdi SH kuasa Hukum Ponirin (dok : tm Cakrawala-Indonesia.com)

Cakrawala-Indonesia.com

Batubara|Perjuangan mendapatkan lahanya kembali yang terletak di Desa Kuala Tanjung kabupaten Batubara, Ponirin sampai mengadukan nasibnya ke DPR RI dan DPRD provinsi Sumatra .

Menanggapi hal itu DPRD Provinsi Sumatra Utara pun melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada tanggal (5 /2 /2021 ) guna mengungkap fakta .

Dari RDP yang di lakukan DPRD Provinsi Sumatra Utara Komisi A di perolehlah hasil berupa rekomendasi .

Foto : Rekomendasi DPRD Sumatra Utara (dok : tim Cakrawala-Indonesia.com)

Ada pun hasil Rapat Dengar Pendapat yang di lakukan oleh DPRD Provinsi Sumatra Utara tersebut adalah bahwa yang pertama, dengan hormat diberitahukan kepada bapak bahwa berdasarkan hasil rapat dengar pendapat komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan Poldasu, Kapolres Batubara BPN Provinsi, Sumatera Utara, BPN Batubara, Pemkab Batubara, camat Sei Suka Kabupaten Batubara, kepala desa Kuala Tanjung kabupaten Batubara, kepala desa Kuala Makmur kabupaten Batubara, saudari Sofia, saudara Khairul imam, saudara Ponirin dan badan bantuan hukum dan advokasi rakyat DPP PDIP Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2021 pukul 14: 00 WIB .

Berdasarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut DPRD Provinsi Sumatera Utara merekomendasikan hal-hal sebagai berikut :

a) DPR Provinsi Sumatera Utara meminta kepada Kapolda Sumatera Utara agar segera menyelesaikan kasus perusakan lahan/kebun milik bapak Ponirin .

b) Berdasarkan keterangan dari kasat Reskrim Batubara bahwa memang benar telah terjadi tindakan pidana yaitu perusakan lahan di desa Kuala Tanjung kabupaten Batubara dan kini telah diproses oleh pihak kepolisian Polda Sumatera Utara .

c) DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta kepada Kapolres batubara segera membongkar/mencabut plang nama kepemilikan yang dibuat di atas lahan ponirin yang telah diberi tanda police line .

d) DPRD Provinsi Sumatera Utara minta kepada Kapolres batubara agar menyita alat bukti perusakan lahan berupa alat berat ekskavator dan parang yang dipergunakan sebagai alat perusak lahan Ponirin .

Menanggapi hasil rekomendasi DPRD Provinsi Sumatra Utara, M. Abdi SH Pengacara Ponirin mengatakan bahwa apa yang di rekomendasikan oleh DPRD provinsi Sumatra Utara semua sudah jelas, ia juga mengatakan bahwa di rekomendasi tersebut terlihat bahwa para penegak hukum dan juga para pihak terkait hadir dalam RDP tersebut guna mengungak titik terang tentang persoalan tanah milik Ponirin .

” Rekomendasi Sudah Jelas, kita lihat sama sama poin – poin rekomendasi hasil RDP DPRD Provinsi itu “

” Di hadiri oleh Polda dan Kapolres Batu Bara, beserta pihak pihak yang terlibat ” Jelas M. Abdi SH kepada wartawan, Senin (9/3/2021)

Abdi meminta kepada pihak penegak hukum segera bertindak atas apa yang menimpa klien nya .

” kita minta Polisi sebagai penegak hukum segera lah menyelesaikan persoalan lahan milik Ponirin, sudah sepuluh bulan klain saya menunggu proses hukum ini ” kata Abdi

Foto :  lahan milik Ponirin yang di lahan tersebut sekarang berdiri plang dan gubuk yang didirikan oleh oknum polwan MS (dok : tim Cakrawala-Indonesia)

 

Untuk di ketahui sebelumnya, Ponirin pemilik lahan di desa Kuala Tanjung yang di perolehnya dari membeli dan di kelolanya selama sepuluh tahun tiba – tiba di kuasai oleh oknum polwan MS dengan mengusai fisik lahan, seperti membuat gubuk dan membuat plang yang bertuliskan kepemilikan lahan tersebut, padahal pengakuan ponirin selama jangka waktu sepuluh tahun itu dia dan para pemilik lahan sekitarnya tidak pernah terjadi permasalahan apapun, Ponirin dan sesama pemilik lahan yang sepadan dengan nya dan juga warga disana aman dan damai .

 

Laporan : tim Cakrawala

 

Office : Cakrawala-Indonesia.com Jalan Pahlawan No : 17 Tebingtinggi (Sumatra Utara) Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here